Senin, 07 Januari 2013

APA PENYEBAB WANITA MUDAH GEMUK?


Secara umum wanita cenderung lebih mudah gemuk dibanding pria. Mengapa? Karena, kenaikan berat badan wanita lebih cepat daripada pria. Wanita lebih cepat gemuk disebabkan beberapa faktor berikut ini:



  • Kehamilan.  Besarnya kenaikan berat badan yang dianjurkan selama kehamilan adalah antara 10-15 kg. Tetapi banyak wanita yang susah sekali untuk  bisa menurunkan berat badannya pasca persalinan. Apalagi selama proses menyusui ASI, dilarang melakukan diet setelah melahirkan karena akan mempengaruhi kualitas ASI.

  • Emosi. Seringkali wanita  melampiaskan emosinya pada makanan. Saat sedang senang, marah, atau sedih, berbagai jenis makanan akan menjadi pelampiasannya:), terlebih jika sedang sedih semakin tidak terkontrol pola makannya.

  • Malas berolah raga. Bagi wanita, olahraga akan merusak make up dan penampilan mereka, dan biasanya karena tidak adanya waktu untuk berolah raga karena kesibukannya menjadi ibu rumah tangga dan atau ibu bekerja.

  • Gen. Secara alami tubuh wanita akan menyimpan lebih banyak lemak dibanding pria. Menurut Michele Olson, PhD, Profesor di Auburn University Montgomery, pria memiliki massa metabolisme lebih aktif dibandingkan wanita. Pria cenderung lebih banyak memiliki otot yang banyak, ukuran jantung dan ginjal yang lebih besar, serta jumlah lemak yang proporsional untuk total berat badannya. Setiap 1 pon otot mampu membakar 6 kalori. Jantung dan ginjal merupakan konsumen tubuh yang masing-masing membutuhkan setidaknya 100 kalori tiap hari.



*******

Sumber:  http://id.she.yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar